Hubungan E-Government Dengan Demokrasi

Pengertian e-government dan kekerabatan dengan demokrasi sanggup dicari pada karakteristik-karakteristik yang dimiliki demokrasi. Dalam demokrasi masalah-masalah ibarat keluasan cakupan, transparansi, control terhadap acara yang dilaksanakan para wakil rakyat semakin menjadi kebutuhan. Masalah-masalah ini semakin menemukan jalan keluar seiring perkembangan teknologi, khususnya di bidang informasi. Internet, sebagai penemuan teknologi informasi, menciptakan berkembangkan sebuah jenis prosedur pemerintahan yang disebut E-Government (Electronic Government).

E-Government berkembang seiring kebutuhan masyarakat akan informasi. Sisi-sisi yang tadinya tidak atau jarang diketahui masyarakat sehubungan kinerja pemerintah, dengan E-Government mulai terkuak. Partisipasi warganegara untuk mengetahui dan mengontrol acara public semakin terbuka melalui E-Government ini. Potret Indonesia

Dalam pengertian demokrasi secara substansial, hal-hal ibarat keterbukaan dan pelibatan warganegara kemungkinan mulai sanggup terselenggara lewat E-Government ini. Publik sanggup mengetahui berapa jumlah partai yang ikut serta pemilu, siapa nama-nama caleg, perkembangan koalisi pemerintahan, kasus-kasus yang menimpa wakil rakyat, pesan-pesan warganegara terhadap anggota legislative, diyakini sanggup terselenggara lewat prosedur E-Government ini secara langsung.

Tulisan ini hendak mengupas kekerabatan antara E-Government dengan Demokrasi. Demokrasi dekat berkait dengan kemampuan warganegara dalam mensugesti fungsi input sistem politik. Komunikasi politik, sosialisasi politik, artikulasi kepentingan, rekrutment politik, dan agregasi kepentingan, merupakan beberapa fungsi input sistem politik yang penting. Fungsi-fungsi input tersebut mempunyai kemungkinan tersebar aksesnya secara lebih luas lewat E-Government ini. Ini guna mengatasi terbatasnya penyelenggaran fungsi-fungsi input konvensional. Agen-agen yang melangsungkan fungsi input (partai politik, LSM, pemerintah, pers) sanggup memanfaatkan E-Government untuk tujuan-tujuannya sendiri.

Definisi E-Government

Apakakah E-Government itu? Terlalu banyak definisi yang diberikan oleh para pakar seputar konsep ini. Namun, goresan pena ini akan membeberkan beberapa di antaranya yang sebenarnya satu sama lain mempunyai beberapa persamaan.

Shailendra C. Jain Palvia and Sushil S. Sharma mendefinisikan E-Government sebagai:
… a generic term for web-based services from agencies of local, state and federal governments. In e-government, the government uses information technology and particularly the Internet to support government operations, engage citizens, and provide government services. The interaction may be in the form of obtaining information, filings, or making payments and a host of other activities via the World Wide Web.1

Zhiyuan Fang, pada sisi lain, mendefinisikan E-Government sebagai:
… as a way for governments to use the most innovative information and communication technologies, particularly web-based Internet applications, to provide citizens and businesses with more convenient access to government information and services, to improve the quality of the services and to provide greater opportunities to participate in democratic institutions and processes.2

Eduardo Contreras Budge, juga mendefinisikan E-Government sebagai:
… is the systemic use of information and communication technologies (ICTs) to support the functions that a government performs for its constituents, typically the provision of information and services.3

Tiga definisi di atas mengaitkan konsep-konsep pemerintahan dengan penggunaan teknologi informasi, khususnya yang berbebasis world wide web (www), guna meningkatkan layanan pemerintah kepada public. Layanan ini sanggup berupa penyediaan isu dan merumuskan “what public wants.”

Layanan-layanan yang biasa diberikan lewat prosedur E-Government cukup bervariasi. Palvia dan Sharma membaginya menjadi 4 lini, yaitu: Government to Citizen, Government to Business, Government to Government, dan Government to Constituens.4

Government to Citizen. Aktivitas ini menandai penyediaan pemerintah akan saluran online atas isu serta layanan kepada warganegara. Ini memungkinan warganegara mengajukan pertanyaan terhadap agen-agen pemerintah dan jawabannya; mengetahui pajak pendapatan (daerah, pusat, dan pemerintahan local); membayar pajak; memperbarui surat izin mengemudi; membayar tilang; ataupun mengubah alamat tempat tinggal (mengurus KTP).

Pemerintah sanggup saja membuatkan isu mengenai diri mereka di internet; menyediakan layanan download formulir-formulir tertentu; menginformasikan lowongan pekerjaan; menyediakan isu turis dan rekreasi; ataupun menyediakan konsultasi problem kesehatan dan keamanan.

Government to Business. Pemerintah di sini melaksanakan ‘two ways interaction’ dan transaksi lewat internet baik antara government to business maupun business to government. Sistem tender terbuka melalui prosedur E-Government bertajuk Government to Business ini. Sebagai contoh, pemerintah HongKong menyediakan informasi-informasi ibarat Electronic Tendering System (ETS) dan HK Post e-Cert, yaitu penerbitan akta digital kepada individu dan organisasi.

Government to Government. Mengetengahkan acara antar departemen atau organisasi pemerintahan. Aktivitas ini dimaksudkan demi mencapai efektivitas dan efisiensi kerja seluruh operasi pemerintahan. Di Amerika Serikat, sebagai missal, terdapat Intelink, yaitu teknologi intranet yang menyediakan informasi-informasi yang telah terklasifikasi dan disebarkan kepada seluruh distributor intelijen.

Government to Constituent. Dikenal pula sebagai E-Democracy. Ia mengacu pada acara online pemerintah, wakil rakyat, partai politik, dan warganegara dalam problem proses-proses demokrasi. Ini termasuk diskusi dan konsultasi online antara wakil rakyat dengan konstituennya. Di situ www.dpr.go.id (milik DPR-RI) telah disediakan perangkat chatting dan nomor kontak wakil rakyat. Tujuannya, konstituen sanggup mendiskusikan dan mencari solusi atas masalah-masalah kebijakan yang ditemui. Atau, menagih kesepakatan kampanye, tentunya. Di Korea Selatan, para politisi memakai internet guna menjaring pemilih.

Aspek lain dari Government to Constituen adalah electronic voting. Selama ini memang masih berlangsung voting manual dengan kertas bunyi yang menghabiskan cost besar. Memang prosedur voting pemilu tidaklah sederhana. Ia mengkaitkan proses pendaftaran dan otentifikasi, untuk kemudian dilanjutkan proses perhitungan suara. Namun, di India E-Voting sudah pernah dipakai dalam Pemilu 2004. Dalam pemilihan anggota dewan legislatif tersebut, India memakai 600.000 mesin voting elektronik.

Mesin yang dipakai India diproduksi oleh Electronics Corporation of India dan Bharat Electronics. Mesin-mesin ini dioperasikan dengan batere dan sifatnya portable (mudah dipindahkan), gampang dioperasikan, reliable, dan bebas error. Pengoperasian mesin melibatkan pengawasan oleh pejabat resmi di TPS-TPS. Pemilih yang buta abjad terbantu akhir adanya tanda pemilih berupa logo dan gambar dari para kandidat dari partai politik yang ikut pemilu.

Keempat hal di atas merupakan lokus dari kegiatan E-Government yang satu sama lain mempunyai wilayah kerja sendiri-sendiri. Kajian E-Government dan Demokrasi kiranya patut diletakkan dalam lokus yang keempat, yaitu Government to Constituent.

Pertanyaan kemudian adalah, seberapa signifikan tugas dari E-Government dalam tata kehidupan demokrasi? Organization for Economic Co-Operation and Development (OECD) menandai 6 signifikansi dari E-Government yaitu: (1) E-Government meningkatkan Efisiensi; (2) E-Government meningkatkan Pelayanan; (3) E-Government membantu pencapaian hasil kebijakan; (4) E-Government berkontribusi atas target kebijakan ekonomi; (5) E-Government berkontribusi atas Reformasi; (6) E-Government mendorong Trust antara Pemerintah dan Warganegara.5

Selain itu, Eduardo Contreras Budge menandaskan E-Government bisa berkontribus pada hal-hal ibarat peningkatan efisiensi operasi pemerintah, peningkatan transparansi, dan memodernisasi sector public.6 Efisiensi operasi pemerintah diperoleh berkat otomatisasi/digitasi fungsi-fungsi administrasi, yang dengan lain kata menyederhanakan proses dan penyampaian layanan.

Peningkatan transparansi, juga akuntabilitas, diperoleh memungkinkan sector public memperluas tugas mereka berdasar tesis penyedia layanan yang client-oriented. Juga, E-Government memungkinkan operasi pemerintah berikut akhirnya terbuka bagi public. Selain itu, E-Government juga memungkinkan terjadinya modernisasi atas sector public. Satu tesis dasar modernisasi ialah pencapaian efisiensi kerja dengan biaya yang kecil. Lewat E-Government, pemerintah bisa menghemat dana penyebaran isu konvensional dengan penyebarannya lewat internet, terlebih ke daerah-daerah yang mahal sarana transportasinya.

E-Government dan Demokrasi

Lalu, apa kekerabatan antara E-Government dan Demokrasi? Kaitan antara E-Government dan Demokrasi terletak pada tujuan dari demokrasi dan bagaimana kemungkinan pencapaian atas itu terselanggara lewat prosedur E-Government. Kesulitan dari Demokrasi Perwakilan (representative democracy) ini ialah desentralisasi tugas politik warganegara kepada wakil rakyat (legislatur). Akibat sejumlah factor, penyampaian kepentingan dari warganegara tidak terselenggara secara maksimal. Untuk itu diharapkan terobosan gres bagaimana warganegara sanggup memilih kinerja fungsi input pemerintahan. E-Government membuka kesempatan tersebut.

Steven N. Clift mengatakan sejumlah tujuan yang inheren di dalam demokrasi dan kaitannya dengan E-Government.7 Ketujuh tujuan tersebut ialah : (1) Kepercayaan dan Akuntabilitas; (2) Legitimasi dan Pemahaman; (3) Layanan dan Kepuasan WargaNegara; (4) Jangkauan Akses; (5) Perwakilan Efektif dan Pembuatan Keputusan; (6) Partisipas lewat Fungsi Input dan Konsultasi; dan (7) Keterlibatan dan Kesengajaan.

Kepercayaan dan Akuntabilitas. Jika diajukan pertanyaan kepada warganegara seputar apa yang mereka inginkan dari pemerintah, maka akan diperoleh tanggapan lebih banyak didominasi seputar harapan terbentukan pemerintah yang didasarkan trust dan akuntabilitas. Perhatikan hasil surver Clift terhadap masyarakat Amerika Serikat di bawah ini :


Lalu, bandingkan survey yang diadakan peneliti yang sama di Jepang :


Tatkala pemerintah memampang hasil kerja mereka di media yang sanggup diakses public, dan secara gampang public sanggup mempelajarinya, trust dan akuntabilitas pemerintah muncul secara alami. Trust dan Akuntabilitas ini sanggup diperoleh pemerintah lewat jenis layanan yang bervariasi dan menguntungkan warganegara.

Legitimasi dan Pemahaman. E-Government menyediakan kesempatan bagi pemerintah guna menjelaskan dan mendemonstrasikan legitimasi mereka. Mereka juga sanggup menyediakan pendidikan sipil fundamental secara online, yang pada satu titik, akan meningkatkan pemahaman warganegara akan tanggung jawab pemerintah.

Satu hal yang sangat menarik bagi public ialah penggunaan uang Negara. Di India misalnya, tersedia situs www.indiabudget.nic.id . Situs tersebut menjelaskan asal-usul uang Negara (misalnya dari pajak dan pendapatan lain), kemudian ke mana uang-uang tersebut mengalir.

Layanan dan Kepuasan WargaNegara. Peningkatan kepuasan warganegara akan layanan pemerintah tercipta lewat demokrasi partisipatoris. Di level minimal, pemerintah perlu mendesain layanan dan transaksi online dalam hal input politik. What does people wants, kiranya demikian slogannya. Tidak hanya itu, pemerintah juga sanggup merangkum tanggapan (feedback) dari warganegara atas kinerja mereka selama ini.

Jangkauan Akses. Pemerintah mengupayakan sebesar-besarnya upaya penyebarluasan acara mereka ke kalangan warganegara. Ini contohnya melalui teknik E-Mail Newsletter. Dalam teknologi ini, pemerintah mengirim isu kerja mereka ke alamat-alamat email warganegara secara otomatis. Informasi tersebut telah diklasifikasi sehingga ibarat “Koran.”

Di Jepang, sebagai contoh, Perdana Menteri Koizumi menerbitkan M-Magazine yang sudah mencapai 2 juta pelanggan. Isi dari M-Magazine ialah perkabaran lewat email yang berisikan acara si perdana menteri berikut anggota-anggota kabinetnya. Demikian pula, presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mempunyai portal sendiri yang berisikan percakapannya dengan warganegara Iran dan penduduk dunia. Portal tersebut juga memampangkan surat-surat dari para pembaca website seputar keluhan dan keingan mereka dari pemerintah Ahmadinejad.

Perwakilan Efektif dan Pembuatan Keputusan. Kini studi-studi seputar E-Government telah dilakukan oleh parlemen, legislatur, dewan kota, dan para pejabat public dipilih berikut staffnya. Ini merupakan indikasi upaya penguatan partisipasi warganegara. Legislatur, sebelum melaksanakan rapat rancangan undang-undang, sanggup saja menerbitkan polling di situsnya seputar langkah yang sebaiknya dilakukan. Pilihan public sanggup terlihat lewat respon atas polling-nya tersebut.

-------------------------------------------
Referensi 
  • Eduardo Contreras Budge, Foundations of E-Government, (Paraguay: Digital Opportunities for Development, tt)
  • OECD, E-Government for Better Government, (Paris: OECD E-Government Studies, 2005)
  • Shailendra C. Jain Palvia and Sushil S. Sharma, E-Government and E-Governance: Definition/Domain Framework and Status around the World, (India: Computer Society of India)
  • Steven N. Clift, Representation and Citizen Engagement in the Information Age, (United Nation: UNPAN/DESA, 2004)
  • Zhiyuan Fang, E-Government in Digital Era: Concept, Practice, and Development, (International Journal of the Computer, The Internet, and Management, Vol. 10, No.2, 2002) 
tags:
pengertian e-government definisi e-government kekerabatan e-government demokrasi kekerabatan birokrasi dan demokrasi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hubungan E-Government Dengan Demokrasi"

Posting Komentar